Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan Umum

  1. Dengan Menyerahkan laundry ke LaundryExpress, maka pelanggan menyatakan tunduk dan patuh terhadap peraturan yang berlaku di LaundryExpress
  2. Seluruh transaksi yang di lakukan LaundryExpress. Baik Transaksi langsung di workshop ataupun di pick up di lokasi pelanggan, dilaksanakan berdasarkan Syarat & Ketentuan yang telah diatur dalam halaman ini.
  3. Syarat & Ketentuan merupakan dasar yang mengikat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perjanjian atau ketentuan tertulis lainnya.
  4. LaundryExpress tidak dapat dibebani dengan perjanjian lain selain yang ditulis dalam Syarat & Ketentuan ini kecuali dengan perjanjian tertulis dan ditandatangani oleh manajemen LaundryExpress yang berwenang yang bertindak untuk dan atas nama LaundryExpress.
  5. Semua syarat dan ketentuan yang terdapat di halaman ini bersifat mengikat. Kelalaian pihak konsumen karena tidak membaca aturan yang ada secara cermat tidak membuat pengecualian terhadap berlakunya aturan yang telah ditetapkan.

Aturan Transaksi

  1. Transaksi laundry bisa dilakukan di workshop LaundryExpress atau di rumah atau lokasi pelanggan (untuk pick-up).
  2. Minimal transaksi laundry kiloan 5 Kg. Minimal transaksi satuan adalah 3 Pcs.
  3. Kasir/Petugas Delivery akan menghitung jumlah pakaian/laundry dari pelanggan, lalu menimbang berat/mengukur luas untuk karpet/sejenisnya.
  4. Silahkan lakukan pembayaran dengan tiga pilihan cara berikut :
    • Cash pada saat barang diantar.
    • Transfer pada saat proses pengerjaan.
    • Kartu Debit dengan mesin EDC
    • QRIS GPN
  5. Pakaian yang luntur/baju putih kami sarankan untuk di cuci satuan (bukan kiloan).
  6. Pelanggan WAJIB melakukan pengecekan item yang akan dilaundry, terutama untuk layanan kiloan. Apabila tidak ada informasi bahwa laundry membutuhkan perhatian khusus, maka kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko yang terjadi.
  7. Kerusakan, kelunturan, penyusutan pakaian yang disebabkan dari sifat bahan diluar tanggung jawab dari Kami.
  8. Untuk Laundry Kiloan semua pakaian kami perlakukan sama. Prinsip laundry kiloan adalah pakaian yang dipakai sehari-hari.
  9. Item Laundry yang tidak dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin tidak diperbolehkan dimasukan kedalam layanan satuan. Segala resiko yang timbul akibat kesalahan layanan tidak menjadi tanggung jawab LaundryExpress.
  10. Pelanggan akan mendapatkan nota/struk resmi rincian transaksi (jumlah item pakaian, total pembayaran) dari Kami.
  11. Pembatalan hanya bisa dilakukan sebelum bagian produksi memproses paket laundry.
  12. Pembatalan akan dikenakan biaya Rp 50.000/nota. Dan dikenakan biaya kirim bila paket laundry diminta untuk dikirimkan kembali kepada pelanggan.

Layanan Satuan & Kiloan

  1. Layanan kiloan hanya berlaku untuk baju dan item laundry yang biasa digunakan sehari hari dan tidak membutuhkan perlakuan khusus dalam proses membersihannya.
  2. Sprei, Bed Cover, Selimut dan item sejenis yang membutuhkan penanganan lebih harus masuk ke layanan satuan.
  3. Semua item laundry berbahan dasar kulit, baik sintetis maupun asli, harus masuk layanan satuan.
  4. Semua item laundry dengan harga diatas RP 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah) dan membutuhkan penanganan khusus, seperti bahan tipis, bahan mudah melar, mudah susut, luntur dan lainnya harus masuk kedalam layanan satuan.
  5. Item dengan bahan reguler namun membutuhkan perlakuan khusus seperti sablon mudah pecah, sablon glow in the dark, dan lainnya harus masuk kedalam layanan satuan.
  6. Sebelum mengerjakan layanan satuan, kami selalu memastikan pengerjaan yang ada sesuai dengan standart pengerjaan yang disarankan di label baju. Bila tidak ada petunjuk yang terdapat di label baju, kami akan mengerjakan sesuai dengan SOP yang berlaku.
  7. Apabila pelanggan memiliki informasi khusus terkait penanganan laundry, terutama yang tidak memiliki label standart penanganan, maka pelanggan wajib memberikan informasi tersebut kepada pihak LaundryExpress. Kegagalan dalam penyampaian informasi sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan bukan menjadi tanggung jawab LaundryExpress.
  8. Kerusakan akibat sifat dasar bahan seperti mudah susut, luntur dan lainnya, yang mana tidak ada informasi sebelumnya, bukan menjadi tanggung jawab LaundryExpress.
  9. Semua item kiloan dicuci, dikeringkan dan disetrika dengan mesin yang sudah terstandart.
  10. Khusus untuk laundry kiloan yang dijemput. Bila saat penjemputan belum disortir, dan di workshop diketemukan adanya item laundry yang seharusnya masuk kedalam kategori satuan namun dimasukan ke layanan kiloan. Maka LaundryExpress berhak menolak mengerjakan laundry yang dimaksud. Dan bila pelanggan ingin dikirimkan kembali, maka akan dikenakan biaya kirim dalam proses pengiriman kembalinya.
  11. Pilihan Waktu Pengerjaan layanan kiloan :
    • Super Kilat           : 4 Jam/6Jam/12 Jam
    • Kilat                      : 1 Hari/2 Hari
    • Reguler                : 3 Hari
  12. Pilihan Waktu Pengerjaan layanan kiloan :
    • Reguler                : Bergantung pada item laundry (Ex : Kemeja 3 Hari, Karpet 15 Hari)
    • Kilat                      : Setengah waktu pengerjaan reguler (Ex : Kemeja 1 Hari)
    • Kilat Khusus        : Setengah dari waktu pengerjaan kilat (Contoh : Kemeja 12 Jam)
  13. Biaya tambahan pengerjaan layanan satuan :
    • Reguler                : Tergantung harga di price list
    • Kilat                      : Dua Kali lipat harga regular
    • Kilat Khusus        : Dua setengah kali lipat harga reguler
  14. Tidak semua layanan satuan dapat dikerjakan kilat atau kilat khusus, koordinasikan dahulu dengan workshop.

Aturan Pick Up & Delivery

  1. Biaya antar-jemput dengan jarak dari workshop berlaku sebagai berikut :
    • Minimal order 5 kg ~ FREE SURCHARGE
    • Untuk order wilayah Ploso Timur ~ FREE SURCHARGE
    • Diluar wilayah Ploso Timur / dibawah min. transaksi ~ AKAN DIBULATKAN KE MINIMAL / + Additional Surcharges
    • Paket Corporate Laundry ~ FREE SURCHARGE
  2. Ketentuan Waktu Penjemputan :
    • Jadwal Pick Up & Delivery reguler adalah pukul 08.00 sampai 19.00 WIB setiap harinya.
    • Untuk layanan Super Kilat pickup paling lambat pk. 16.00 WIB
    • Apabila butuh penjemputan diluar jam normal, bisa dikoordinasikan dulu dengan pihak workshop
    • Cancel setelah kurir berangkat sampai saat proses dikenakan biaya Rp 50.000. Tidak termasuk pengiriman
  3. Ketentuan Waktu Pengiriman :
    • Waktu pengiriman akan menyesuaikan dengan jadwal harian pengiriman dari workshop.
    • Apabila ada permintaan khusus, maka harus diinformasikan sebelumnya, dan dipastikan mendapat persetujuan dari pihak workshop.
    • Permintaan pelanggan akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada sebelumnya
    • Pilihan waktu paket service menunjukan waktu selesai pengerjaan laundry, bukan waktu sampai ke pelanggan. Semisal Paket Cuci 4 Jam. Berarti waktu pengerjaan pakaian sampai selesai adalah 4 jam. Kami akan memberikan prioritas waktu pengiriman kepada service kilat. Namun waktu sampai ke tangan pelanggan akan sangat bergantung pada kondisi pengiriman.
    • Perhitungan waktu service, dihitung dari diterimanya laundry oleh pihak workshop.
    • Untuk Layanan Kilat 1 Hari bukan layanan 24 Jam. Batas maksimal pengiriman layanan 1 hari adalah H+1 dari diterimanya laundry oleh pihak workshop
    • Apabila butuh pengiriman diluar jam normal, bisa dikoordinasikan dulu dengan pihak workshop
  4. Pembulatan Berat Timbangan
    • Berat sampai dengan 0,2 (Nol koma Dua) Kg, akan dibulatkan ke bawah
    • Berat sampai dengan 0,7 (Nol koma Tujuh) Kg, akan dibulatkan ke bawah
    • Berat sampai dengan 0,3 (Nol koma Tiga) Kg, akan dibulatkan ke atas
    • Berat sampai dengan 0,8 (Nol koma Delapan) Kg, akan dibulatkan ke atas

Pengaduan & Ganti Rugi

Ketentuan Standarisasi Layanan Anggota Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) Sesuai UU Perlindungan Konsumen Jo. Pasal 1320 KUHPerdata​
  1. Kerusakan  Luntur , susut dan berkerut karena sifat serat bahan bukan tanggung jawab pihak Laundry.
  2. Hilangnya benda berharga di didalam laundry dalam proses pencucian bukan tanggung jawab pihak laundry.
  3. Jumlah pakaian yang tidak di hitung oleh customer bukan tanggung jawab laundry dan jumlah hitungan laundry yang di anggap benar.
  4. Kehilangan baju  diganti 10x harga layanan (satuan atau  kilogram baju yang hilang )
    • Contoh, harga layanan Rp 8.000,-/kg dan berisi 4 potong baju,
    • kehilangan 1 baju = Rp 2.000,- x 10 = Rp 20.000,-
  5. Pakaian hilang atau rusak di luar batas waktu maksimal pengambilan cucian (1 bulan) bukan tanggung jawab pihak laundry.
  6. Pakaian hilang atau rusak akibat force majeur (banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran, dll) di luar tanggung jawab pihak laundry.
  7. Dengan mencuci di tempat kami, costumer dianggap setuju dengan segala ketentuan di atas
Layanan Komplain
  1. Komplain mampu menunjukan nota transaksi dan KTP Asli , dan nama di KTP harus sesuai dengan nota.
  2. Tanpa nota atau tanpa menunjukan KTP asli komplain tidak di terima.
  3. Komplain selain Kehilangan akan kami tangani 1 x 24 jam setelah pengambilan.
  4. Komplain akan kami tangani paling lambat 14 hari kerja setelah customer melayangkan komplain baik produk maupun kehilangan.
  5. Komplain kehilangan jumlah barang setelah meninggalkan outlet laundry tidak akan dilayani
  6. Seluruh persyaratan komplain harus terpenuhi tanpa terkecuali
  7. Seluruh Laundry yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI) dibina oleh Bidang Hukum ASLI
  8. Adapun perselisihan dan wan preastasi akan diselesaikan dulu secara kekeluargaan
Ketentuan Tambahan
  1. Untuk layanan Laundry yang dilakukan penjemputan, pelanggan wajib melakukan penghitungan item di depan kurir kami. Apabila tidak dilakukan perhitungan dari awal, maka perhitungan kami dianggap benar.
  2. Untuk komplain setelah pengiriman, wajib menunjukan video unboxing laundry tanpa jeda. Tanpa video unboxing, klaim tidak akan kami layani.

Pengambilan & Pengiriman Laundry

Pengambilan Laundry
  1. Pengambilan laundry wajib membawa nota/struk resmi untuk diserahkan kembali ke kasir.
  2. Jika nota/struk resmi hilang, pengambilan bisa dengan menunjukan Kartu Identitas seperti : KTP/SIM/Kartu Pelajar atau Mahasiswa.
  3. Pengambilan laundry yang diwakilkan oleh orang lain wajib mengisi buku tamu/serah terima laundry dan menyerahkan fotocopy identitas diri (KTP/SIM).
Pengiriman Laundry
  1. Pengiriman laundry hanya berlaku untuk paket laundry yang telah memenuhi persyaratan kirim, yaitu minimal 5 kg untuk kiloan atau 3 Pcs untuk satuan. Bila kurang dari minimal order, akan dikenakan biaya pembulatan atau biaya khusus.
  2. Untuk paket laundry yang sebelumnya telah di serahkan langsung ke workshop, apabila kurang dari ketentuan minimal order, maka tidak bisa dikirimkan. Apabila ingin dikirimkan akan ada tambahan biaya yang berlaku.
  3. Kurir kami akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum melakukan pengiriman barang, pastikan Anda bisa menerima barang tersebut atau menjadwalkan ulang bila hari itu tidak bisa menerima barang. Perlu diingat bahwa kami mengirimkan laundry melalui jalur darat. sehingga keterlambatan akibat hal hal yang tidak direncakan seperti kemacetan, dan lainnya sangat mungkin terjadi. karena itu apabila Anda buru buru lebih baik menjadwalkan ulang pengiriman.
  4. Apabila Waktu pengiriman telah disepakati, dan kurir kami telah berangkat dari workshop sesuai jadwal yang telah ditetapkan, maka waktu pengiriman tidak dapat dicancel atau dialihkan. 
  5. Kami tidak bertanggung jawab untuk proses pengiriman yang ke dua, bila saat pengiriman pertama ternyata tidak ada orang atau dibatalkan sepihak setelah kurir kami berangkat dari workshop.
  6. Pengiriman ke dua akan dikenakan biaya tambahan. Kecuali bila kesalahan ada dari pihak Hygeira, seperti force majure yang terjadi saat pengiriman. Atau keterlambatan lebih dari dua jam dari waktu yang telah ditentukan.
//
👋 Hi, Mau order atau butuh informasi lebih lanjut mengenai Laundry Express? Silahkan klik tombol dibawah untuk berbincang melalui WhatsApp
Akan segera membalas